Pelatihan Kepemimpinan Pengawas adalah pelaksanaan pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku manajerial Peserta untuk menjamin terwujudnya akuntabilitas jabatan pengawas yang dilakukan melalui jalur pelatihan yang diselenggarakan secara terpadu (Blended Learning) yang dilakukan dengan memadukan jalur pelatihan klasikal dengan jalur pelatihan nonklasikal, untuk menduduki atau dalam jabatan pengawas.
Pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku manajerial peserta agar mampu melaksanakan tugas dan fungsi jabatan pengawas secara akuntabel.
pada Hari Senin, 28 Juli 2025 Kelurahan Sogaten & Kecamatan Manguharjo menerima Kunjungan Studi Lapangan Peserta Diklat PKP Angkatan XII Kota Pasuruan Tahun 2025, Salah satu hal yang akan di lihat adalah praktek Pelayanan Prima Yang Ada di Kelurahan Sogaten dan Kecamatan Manguharjo.
Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Adalah Kegiatan Praktik Lapangan Yang Dilakukan Oleh Peserta Pelatihan Untuk Mengimplementasikan Teori Kepemimpinan Yang Telah Dipelajari. Tujuannya Adalah Agar Peserta Dapat Mengamati, Menganalisis, Dan Mengadopsi Praktik Terbaik Dalam Pelayanan Publik Dan Manajemen Kinerja Di Lokasi Studi Lapangan. Peserta Melakukan Kunjungan Ke Instansi Atau Organisasi Yang Menjadi Lokasi Studi Lapangan Untuk Melihat Secara Langsung Bagaimana Kepemimpinan Dan Pelayanan Publik Diterapkan, Dilanjutkan Dengan Menganalisis Praktik-Praktik Kepemimpinan Dan Pelayanan Publik Yang Ada Di Lokasi Studi Lapangan, Termasuk Kelebihan Dan Kekurangan Yang Ditemukan, Berdasarkan Hasil Analisis, Peserta Menyusun Rekomendasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Dan Kinerja Organisasi

Pelayanan Publik Yang Prima Adalah Pelayanan Yang Memberikan Kepuasan Kepada Masyarakat Dengan Memenuhi Harapan Dan Kebutuhan Mereka. Pelayanan Ini Berorientasi Pada Kualitas, Kecepatan, Dan Keramahan Dalam Memberikan Layanan. Penerapan Pelayanan Prima Bertujuan Untuk Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Instansi Pemerintah Dan Menciptakan Pemerintahan Yang Baik Data Kelembagaan, Sebagai Bagian Dari Pelayanan Publik Yang Prima, Merujuk Pada Pengelolaan Dan Penyediaan Informasi Yang Akurat Dan Mudah Diakses Terkait Dengan Struktur, Fungsi, Dan Kinerja Suatu Lembaga. Memberikan Informasi Yang Transparan, Responsif, Dan Akuntabel Kepada Masyarakat
Melalui Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan 12 Tahun 2025 Kota Pasuruan Rekomendasi Perbaikkan Pelayanan Publik Yaitu Optimalisasi Database Kelembagaan Dengan SIGEMAS, Dengan Sistem Kelembagaan Masyarakat Sogaten Atau Sigemas Diharapkan Dapat Memberikan Manfaat Yang Lebih Optimal Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Sogaten (RHP)













